Apron dan Taxiway LIA Ditambah

Lombok Tengah, sasambonews.com - Terasa masih sempit dan kurang luas, 
PT Angkasa Pura  I (AP) Lombok Internasional Airport (LIA)  menambah area parkir pesawat (apron) sebanyak 8 apron. Menurut rencana apron akan diperluas ke arah timur dan barat. "Sekarang sudah mulai persiapan pengerjaan fisik sedang sebelah barat sedang proses tender,” Kata GM AP I Gusti Ngurah Ardita yang ditemui di Kuta selasa kemarin.

Ardita menjelaskan, penambahan apron ini untuk narrow body (pesawat menengah) dan wide body (pesawat lebar).  Dimana,  empat titik kiri kanan berada di barat dan sisanya di sisi timur. empat kiri dan empat kanan atau empat barat dan empat timur. Sedangkan, wide body (pesawat lebar) penambahannya empat titik, dua kiri dan dua kanan. Dengan demikian maka jumlah keseluruhan penambahan apron menjadi 18 titik,” terangnya.

Selain menambah apron, pihak AP juga melakukan pembenahan terhadap taxiway dengan harapan akan dapat dilalui oleh pesawat boing seperti boing 747-400 sehingga kedepan pesawat itu tidak susah untuk masuk ke jalur taxiway tersebut. "Kalau sebelumnya ketika ada pesawat besar masuk, kita mendorongnya terlebih dahulu menuju landasan. “Kalau ini sudah jadi, jet tipe 747-400 juga nanti akan bisa masuk,” jelasnya.

Sehingga terang Ardita, kalau sudah ada tambahan satu lagi  runway, maka akan bisa menambah daya tampung peningkatan penggunaan runway. Sekarang masih hanya delapan pesawat perjam yang landas, kalau nanti bisa sampai 11 pesawat per jam. “yang jelas tahun 2019 semuanya sudah bisa dimanfaatkan dan dimaksimalkan,” pungkasnya. Am 

Subscribe to receive free email updates: