Sisi Unik Goa Bongkol Dengan Sejarahnya

Lombok Tengah,  Sasambonews.com - Pulau Lombok ternyata mempunyai ratusan tempat wisata baru baik yang sudah terkenal maupun tempat yang sama sekali belum banyak diketahui oleh wisatawan, salah satunya Wisata Alam Goa Bongkol yang ada di desa Tumpak Kecamatan Pujut Lombok Tengah. Wisata yang tahun lalu di launcing ini berjarak sekitar 7 kilometer dari Bandara Internasional Lombok.
Pengunjung yang sedang menikmati indahnya Goa Bongkol 
Salah satu pengunjung mengungkapkan kekagumannya setelah melihat indahnya goa bongkol, tiwun paok maupun bukit yang ada di atas goa musang. Menurutnya wisata goa bongkol yang dikelola pemuda setempat ini sangat unik, hanya saja fasiltas untuk untuk para pengunjung seperti tempat ibadah maupun toilet masih belum ada yang terbangun. “sebenarnya tempatnya sangat keren, masih asri apalagi saat diatas bukit dan sangat cocok sekali buat pengunjug yang suka ngetrip” ungkap Ema salah satu pengunjung.

Sementara itu Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Goa Bongkol Halil mengatakan, selain dapat menikmati indahnya goa bongkol, pengunjung juga dapat menikmati indahnya tiwun paok serta goa musang yang berada di atas goa bongkol. Sementara itu nama Goa Bongkol diambil dari sejarah dimana pada zaman dahulu ada buaya besar yang naik dari Pantai Mawun ke Goa yang saat ini bernama Goa Bongkol.  Namun tempat yang begitu asri dengan pemandangan hijau dari dari atas bukit ini, ternyata tidak banyak diketahui oleh wisatawan lokal maupun mancanegara sehingga wisatawan yang mengunjungi tempat ini tidak terlalu banyak. Selain itu pihak desa juga akan membangun berbagai macam fasilitas pendukung untuk para wisatawan baik ketersedian musolla, toilet, maupun berugak. ”insyaallah kades yang terpilih saat ini berjanji akan membangun sejumlah fasilitas untuk para pengunjung” ujar halil.

Pihaknya dengan masyarakat setempat juga terus melakukan penataan dan membangun spot-spot selfi untuk para pengunjung sehingga harapan untuk tahun ini kunjungan di Wisata Alam Goa Bongkol semkain meningkat. (an)

Subscribe to receive free email updates: