Dirjen PAS Ke LPKA Lombok Tengah. Tinjau Penyelenggaraan Sekolah Mandiri Merdeka Belajar

Lombok Tengah, SN - Direktur Jenderal Pemasyarakatan (Dirjen PAS) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkum HAM), Irjen Reinhard Silitonga melakukan kunjungan ke Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas II Lombok Tengah di Tojong Ojong Desa Selebung, Lombok Tengah NTB, Selasa, [18/8/2020].
Kunjungan Irjen Reinhad ini dalam rangka meninjau fasilitas dan proses pembinaan di LPKA satu satunya di NTB ini dalam pelaksanaan program Sekolah Mandiri Merdeka Belajar bagi Anak di LPKA. Dimana sebelumnya Dirjen PAS juga telah menetapkannya melalui Keputusan DirjenPAS Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia Nomor: PAS.830.PK.01.04.08 Tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Sekolah Mandiri Merdeka Belajar bagi Anak di LPKA.

Datang sekitar pukul 11.00 Wita, Reinhad langsung disambut oleh Kepala LPKA Loteng, AA Gede Ngurah Putra Bc.I.P.,SH bersama segenap jajarannya. Dirjen PAS bersama istri diberikan tanda selamat datang berupa pengalungan kain tenun khas sasak.

Selanjutnya Dirjen meninjau kegiatan keterampilan anak binaan berupa Barber Shop yang berada disamping kantor utama LPKA Loteng. Setelahnya Dirjen masuk ke areal utama LPKA.

Dirjen PAS disambut oleh sekitar 13 anak didik yang berseragam pramuka lengkap dengan memberikan hormat salam kedatangan kepadanya. Dirjen PAS kemudian memberikan bingkisan kepada masing masing anak dan berfoto bersama.
Kemudian Dirjen PAS meninjau lokasi asrama anak didik. Disini Irjen Reinhard terpakau dengan kebersihan dan keteraturan di asrama.

Selanjutnya bergantian Dirjen PAS meninjau ruang klinik, ruang pembinaan pendidikan dan ruang musik. Disini Dirjen PAS disambut oleh anak binaan performance lagu.
Dirjen PAS sempat berdialog dengan anak binaan dengan menanyakan kasusnya sehingga berada di LPKA. Ia juga memberikan motivasi, ” Semangat ya, jangan lakukan lagi, harus lebih baik lagi setelah dari sini,” kata Irjen Reinhard menyemangati.

Secara umum Dirjen PAS memberikan apresiasi terhadap pelayanan yang ada di LPKA Lombok Tengah.
Sebelum bertolak dari LKPA Lombok Tengah, Dirjen PAS menerima bingkisan dari Kepala LKPA Loteng AA Gede Ngurah Putra Bc.I.P.,SH berupa lukisan gambar dirinya yang merupakan hasil keterampilan dari anak binaan.
” Beliu meninjau ke LPKA setelah pemberian remisi serentak yang dipusatkan di Mataram, Dia meninjau dilaksanakan tidak program Sekolah Mandiri Merdeka Belajar bagi Anak di LPKA itu. Beliu meninjau Barber Shop [tempat cukur rambut], kemaren ada SK , bahwa di LPKA itu pembinaan kemandiriannya berupa Salon yang profesional diambil Barber Shop,” kata Kepala LKPA Loteng AA Gede Ngurah Putra Bc.I.P.,SH dalam sesi wawancara dengan awak media.

Barber Shop ini kata AA Gede Ngurah Putra diperuntukkan juga bagi masyarakat umum yang ingin mencukur rambut dengan tarif di bawah biasanya.
Dijelaskan juga, LPKA Lombok Tengah juga sudah melaksanakan instruksi berupa adanya sekolah paket dari Paket A, B dan C atau SD, SMP dan SMA. Ini adalah bentuk usaha LPKA Lombok Tengah untuk memastikan anak bisa diberikan haknya dalam hal pendidikan.
” Disini kita bina selain pendidikannya juga pembinaan keterampilan agar setelah keluar mindset mereka terbentuk, kan untuk mereka juga,” katanya.
Untuk remisi hari kemerdekaan, 12 Anak mendapat remisi berkisar 3 bulan, sehingga tahun 2020 ini sudah tiga kali anak binaan mendapat remisi. Lth01

Subscribe to receive free email updates: