Pisang Blendang Komoditas Langka, Hanya Ada di Prabu, Bikin Bupati Terpesona

Lombok Tengah, SN - Ada yang membuat mata orang nomor satu di Kabupaten Lombok Tengah itu terpesona saat di Desa Prabu Kecamatan Pujut. Saat pidato, Bupati melihat satu pohon pisang dengan buahnya yang sangat besar. Pohon Pisang itu tidak terlalu tinggi namun hanya kurang lebih dua meter namun buahnya hampir menyentuh tanah. Pohon pisang itu bernama Pisang Blendang. Buah pohon pisang itu pun disajikan saat kegiatan Roadshow Kampung Sehat oleh Kades Prabu L.M.Saihu. "Pisang ini sangat enak, pisang apa namanya, saya pesan" kata Bupati H.M.Suhaili di Prabu kemarin.

Pisang Blendang adalah komoditas yang sangat langka. Pisang Blendang pernah jaya ditahun 70 an hingga 80 an namun seiring dengan berjalannya waktu pisang jenis ini mulai punah bahkan hanya ada di Desa Prabu itupun tidak banyak.

Pisang Blendang terkenal dengan kelezatannya dan juga buahnya besar besar. Satu buah pisang cukup membuat dua orang kenyang.

Bupati meminta kepada Dinas Pertanian untuk mengembangkan pisang tersebut agar tidak punah. "Saya minta Dinas Pertanian segera mengembangkan produktivitas pohon pisang Blendang tersebut" ungkapnya.

Sekretaris Dinas Pertanian Taufikurrahman Puanote mengatakan akan segera mengambil sampel berupa bungkil pisang untuk dikembangbiakkan. "Kita akan ambil bungkilnya lalu kita kembang biakkan" ungkapnya.

Sementara itu Kepala Desa Prabu L.M.Saihu mengatakan pisang Blendang hanya ada di desanya namun komoditasnya sangat langka. Diapun berharap agar pemerintah daerah bisa mengembangbiakkan pisang Blendang itu. "Tidak banyak didesa kami hanya beberapa pohon saja, namun ditempat kami pohon itu tumbuh dengan baik" ungkapnya.

Usai acara, Bupati langsung menebang sendiri pohon pisang Blendang tersebut. Lth01
.

Subscribe to receive free email updates: