500 Pembalap Internasional Ikut Indonesia Tour De Prance, Catat Rutenya

 Kabupaten Lombok Tengah ditunjuk menjadi tuan rumah ajang balap sepeda internasional atau L'Etape Indonesia Tour De Prance 2023 27-28 Mei Di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika. 

Kegiatan ini merupakan balap sepeda khusus untuk pembalap profesional yang diikuti oleh sekitar 22 negara. Dilaksanakan pada hari Sabtu (27/5) dari pukul 10.00-19.00 Wita dan Minggu (28/5) dari pukul 04.30-17.00 Wita bertempat di Sirkuit Internasional Pertamina Mandalika.


Adapun kegiatan tersebut dibagi menjadi tiga kelas yaitu kelas Long Distance 141 Kilometer (Km), Short distance 79 Km dan non road bike 48 Km yang diikuti oleh peserta sekitar 500 peserta.


Zaki Direktur L Etape De Prance mengatakan peserta balap sepeda internasional tersebut diikuti oleh 22 negara seperti Australia, Singapura, Malaysia, Thailand, Prancis dan sejumlah negara lainnya dengan jumlah peserta sebanyak 500 orang. Meski balap sepeda kelas internasional namun pihak panitia juga menyiapkan balapan khusus pembalap lokal seperti pembalap NTB dengan jarak tempuh 10 kilo meter dengan total hadiah 15 juta rupiah bagi pemenang. "Kami juga memberikan kesempatan kepada pembalap lokal untuk ikut dievent ini sebagai ajang partisipasi dan memberikan pengalaman balapan internasional" ujarnya.


Ajang balap sepeda internasional ini mendapatkan respon positif dari elemen masyarakat Indonesia khususnya Lombok Tengah.


Sekretaris Daerah Kabupaten Lombok Tengah L.Firman Wijaya menyambut baik kegiatan tersebut, bahkan pemerintah daerah bersama aparat kepolisian dan TNI bekerjasama memberikan pengamanan jalannya lomba.


Firmam Wijaya, menambahkan keindahan alam di Kabupaten Lombok Tengah sangat indah dan salah satu cara menikmati keindahan alam itu adalah dengan hadir di Lombok Tengah dan juga event event internasional seperti ini, "kami dukung kegiatan dan  siap memfasilitasi kegiatan ini. Maunya setiap bulan gelar seperti ini" kata Sekda 


Wadir I Poltekpar Lombok Dr.Amirosa mengatakan Poltekpare mendukung kegiatan ini sebab memiliki pengaruh positif untuk wisatawan dan warnees dari destinasi di Lombok Tengah " ini kegiatan Sangat baik,kami dukung dan  mahasiswa juga dilibatkan dalam event internasional sebagai ajang pembelajaran bagi mereka " kata Amirosa.


 GM the Mandalika Molin Duano mengatakan  ITDC  memiliki tugas membangun kawasan super prioritas sehingga perlu dimanfaatkan. Sport tourism Ini akan jadi magnet di Lombok ini. 70 hektar garis pantai, dengan puluhan kilometer garis pantai sayang tak digunakan."kami sangat mendukung, segala izin sudah kita keluarkan" katanya.


Indonesia Tour De Prance sendiri akan dilepas di Sirkuit Mandalika sebagai titik start untuk semua kelas selanjutnya nanti akan berpisah sesuai kelas yang diambil. Untuk kelas Street Bay Street atau kelas 141 kilometer akan melewati 8 Kecamatan. Berikut rute yang akan ditempuh




Inilah Rute Indonesia Tour De Prance 

Subscribe to receive free email updates: