Dandim 1620 Buka Persami Saka Wira Kartika Kodim1620/Loteng TA. 2023

Lombok Tengah, SN - DANDIM 1620/Lombok Tengah (Loteng) Letkol Kav. I F Andi Yusuf Kertanegara, membuka Perkemahan Sabtu - Minggu (Persami) TA. 2023, Saka Wira Kartika cabang Lombok Tengah di Lapangan Apel Makodim, Praya, Sabtu (17/6). 



Upacara pembukaan Persami Satuan Karya Pramuka (Saka Wira Kartika) cabang Lombok Tengah, Kodim 1620/Loteng, turut dihadiri oleh Kasdim 1620/Loteng Mayor Inf. Lalu M Syukur, Pasiwanwil Korem 162/WB Mayor Inf. I Ged Nariada, Pasiter Dim 1620/Loteng Kapten Inf. Ali Murtono, Danramil 1620 - 01/Praya Kapten Inf. Suliyono S.IP., serta Instruktur dan Pamong SWK Kodim 1620/Loteng.

Dalam amanatnya, Dandim 1620/Loteng selaku pembina menyampaikan bahwa kegiatan Pramuka Saka Wira Kartika bertujuan untuk membentuk dan membina generasi muda sebagai pemimpin-pemimpin bangsa dimasa depan.

Tujuannya agar mempunyai kepribadian yang kuat, bersemangat, ulet, pantang menyerah, disiplin, inovatif dan pekerja keras demi mendorong kemajuan serta keberhasilan pencapaian cita-cita.

"Untuk itu, saya berharap kepada seluruh peserta, agar kegiatan ini betul-betul dilaksanakan dengan baik, guna memantapkan tekad kaum muda sebagai patriot pembangunan," Ujarnya.

Karena menurutnya, tantangan yang di hadapi bangsa saat ini merupakan tanggung jawab bersama. Disamping itu, dengan adanya kegiatan pramuka diharapkan agar generasi muda menjadi manusia-manusia yang bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, memiliki kepribadian yang tangguh, terampil dan berpengetahuan, sehat jasmani dan rohani, serta memiliki kesetiakawanan yang tinggi.

"Untuk itu melalui kegiatan Persami ini marilah kita gelorakan kembali semangat perjuangan para pendahulu kita. Perjuangan di masa sekarang bukan lagi perjuangan fisik seperti di masa lalu, akan tetapi perjuangan kita sekarang ini adalah untuk membangun bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang sangat kita cintai," Ucapnya.

Mengakhiri amanatnya Dandim mengingatkan kita semua harus sadar bahwa kemerdekaan yang kita peroleh ini diperjuangkan dengan tetesan darah dan air mata. Olehnya, sebagai generasi penerus, segenap anggota Pramuka bersama-sama seluruh komponen bangsa, berkewajiban untuk mengisi kemerdekaan dengan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat.

Kalau itu semua mampu kita wujudkan, maka tepatlah tema yang diusung pada Persami hari ini yaitu "Mewujudkan Binter TNI AD yang Adaptif Melalui Pembinaan Pramuka Saka Wira Kartika Guna Membentuk Generasi Muda Yang Berkarakter dan Berwawasan Kebangsaan".

"Adik-adik Saka Wira Kartika yang saya cintai dan banggakan saya berharap agar kegiatan ini dapat berjalan dengan baik sesuai dengan yang kita harapkan bersama. Tingkatkan intensitas dan kualitas Gerakan Pramuka sebagai wadah pembentukan karakter bangsa. Gerakan Pramuka hendaknya menjadi pelopor dalam membudayakan diri, senang bekerja keras serta cerdas dan ikhlas," Tandasnya.

Subscribe to receive free email updates: