Angka Stunting Loteng Tertinggi, Bupati Gerakkan Seluruh SKPD

Lombok Tengah, SN - Angka Stunting di Kabupaten Lombok Tengah tertinggi dari 10 Kabupaten Kota Provinsi NTB. Sampai saat ini angka Stunting di Kabupaten Lombok Tengah berada di angka 17%, 

Melihat kondisi itu Bupati Lombok Tengah langsung menggerakkan seluruh SKPD untuk sama sama menekan angka Stunting. 



Saat ini Pemda Lombok Tengah tengah menggencarkan program tekan angka Stunting melalui program yang namanya Gotong Royong Bakti Stunting. Kegiatan ini telah diluncurkan Bupati Lombok Tengah yang dipusatkan di Desa Rambitan. 

 Bupati Lombok Tengah HL. Pathul Bahri. SI.P optimis penurunan angka Stunting di Lombok Tengah, sebab percepatan penurunan tersebut bukan hanya tugas bupati dan Wakil Bupati , namun semua pihak harus bersatu dan bersama sama melakukan gotong royong untuk menyikapi permasalahan gangguan pertumbuhan pada anak. Demikian disampaikan Bupati pada saat ,Launching Pelaksanaan gotong royong bhakti stunting dengan pemberian makanan tambahan (telur) bagi anak balita. Dalam rangka  percepatan penurunan stunting di kabupaten Lombok Tengah 2023. Bertempat di halaman kantor desa Rambitan Kecamatan Pujut. Selasa (18/7) . Hadir dalam kesempatan tersebut yakni, Staf Ahli, Asisten, Kepala OPD, para Camat serta para Kepala Puskesmas di kecamatan Pujut.

Menurut Miq Hul sapaan akrab Bupati Lombok Tengah , peran ibu rumah tangga dalam hal ini juga sangat dibutuhkan,diperlukan pemahaman ketika mulai mengandung,melahirkan mesti memikirkan pemberian gizi yang  memenuhi kebutuhan akan bayinya.

Disampaikannya, Banyak keluarga yang mampu namun kurang memahami serta perhatian terhadap pemberian gizi pada bayinya.. Sehingga pemerintah berupaya ikut  ambil bagian serta peran. 

Dikatakan Bupati HL. Pathul,  Salah satu kewajiban Bupati dan Wakil Bupati adalah melaksanakan peogram strategis nasional yang diatur dalam Perpres no 72 tahun 2021. Yang memgatur tentang percepatan penurunan stunting. Dimana didalam Perpres tersebut memuat acuan yang harus dicapai oleh pihak pihak terkait. Sehingga percepatan penurunan angka stunting dapat terpenuhi yakni 14 persen pada tahun 2024 nanti.

Lebih lanjut disampaikan Miq Hul. Salah satu ikhtiar betsama untuk mencapai tujuan nasional dimaksud adalah,menjamin pemenuhan asupan protein,bagi anak melalui kegiatan gotong royong Bhakti Stunting, berupa pemberian makanan tambahan telur selama 90 hari. Yang bakal dilaksanakan di 15 desa atau kelurahan yang menjadi lokus penanganan stunting tahun 2023 dan 18 desa atau kelurahan . Yang tinggi kasus stunting  pada tahun ini di Loteng .

Sementara itu Kadis Kesehatan Lombok Tengah. Dr. H. Suardi menjelaskan, Adapun jumlah sasaran Balita 6 sampai 24 bukan ( 1000 hari pertama kehidupan) yang bakal menfapatkan PMT Telur sebanyak 1.361 anak yang tersebar di 33 desa atau kelurahan. Pusat pelayanan PMT telur ini dilaksanakan di balai gizi yang ada di kantor desa setempat. Dan Ibu ketua TP/PKK desa selaku koordinator dibalai gizi akan mengatur pendistribusian PMT telur kesemua sasaran dan melakukan pemantauan secara berkala.

Sedangkan Kepala Desa Rambitan, Lalu Minaksa. sebagai tuan rumah pelaksanaan Launcing sangat berterima kasih kepada pemerintah daerah Kabupaten Lombok Tengah, dan pihaknya bakal terus berupaya dalam percepatan penurunan stunting di wilayahnya, hal ini dibuktikan dengan desa Rambitan dalam memgentaskan stunting .telah membentuk tim pendamping desa..pihaknya juga mendorong program stunting di maksimalkan, begitu juga dengan kampung kb di optimalkan. Pemberian makan tambahan bagi bayi melalui posyandu di 21 dusun serta  17 posyandu."  Kami berharap semakin termotifasi untuk menuntaskan stunting. Kami juga memgedepankan program kebersihan lingkungan." Jelasnya .

Subscribe to receive free email updates: