Kodim Terima Kedatangan Pasukan Komando Cadangan, Ini Tujuannya



Lombok Tengah, SN  - Pasukan Komando Cadangan)Komcad) TNI AD bergabung dengan Kodim 1620 WB. Kedatangan Komcad dalam rangka meningkatkan kesiapsiagaan wilayah terhadap berbagai ancaman dan bencana alam, Kodim 1620/Loteng menerima kedatangan 64 orang pasukan Komando Cadangan (Komcad) dari berbagai kecamatan se kabupaten Lombok Tengah. 


Kedatangan Komcad di Kodim Loteng tersebut untuk memberikan laporan kedatangan dan memastikan kesiapan serta pengecekan alat maupun perlengkapan yang di pakai setelah selesai melaksanakan pendidikan militer. 


Kepala Staf Kodim (Kasdim)1620/Loteng, Mayor Inf Lalu Muhammad Syukur mengatakan, bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari upaya penguatan kesiapsiagaan wilayah, khususnya di wilayah Lombok Tengah. 


"Kami ingin memastikan bahwa setiap komcad memiliki pemahaman yang baik tentang tugas dan tanggung jawab mereka dalam menghadapi situasi darurat, serta dapat berkoordinasi dengan efektif dengan pihak-pihak terkait," ujar Kasdim Senin (21/8/2023). 


Selain itu, Komcad juga diminta untuk memperbarui pengetahuan mereka mengenai penanganan bencana alam, evakuasi darurat, serta koordinasi dengan instansi terkait. 


"Sehingga upaya penanganan bencana dapat berjalan lebih efisien dan terkoordinasi dalam membantu masyarakat di saat urgen maupun tidak," jelas Kasdim. 


Menurutnya, dengan peningkatan pengetahuan yang dimiliki Pasukan komcad diharapkan masyarakat Lombok Tengah akan lebih siap dan tanggap dalam menghadapi bencana alam serta situasi darurat lainnya. 


Sehingga kedepan, akan membawa manfaat yang besar bagi keselamatan masyarakat Lombok Tengah dalam menghadapi berbagai situasi yang di alami masyarakat di wilayah," ucapnya. 


Dari 64 pasukan Komcad yang diterima Makodim Loteng semua kegiatan dan pergerakan Komcad akan di atur oleh Kodim 1620/Loteng sebagai penanggung jawab penggunaan pasukan dalam membantu segala kegiatan yang lakukan masyarakat. 


"Karena sewaktu waktu mereka akan kita lakukan pemanggilan kembali ketika di butuhkan, namu saat ini seluruh Komcad akan kita kembalikan ke status awal mereka sebagai masyarakat dengan pengawas dilakukan oleh Babinsa setempat," tandas Kasdim.

Subscribe to receive free email updates: