Inilah 7 Prioritas Pembangunan Lombok Tengah 2023

 


Lombok Tengah, SN Kabupaten Lombok Tengah para tahun 2023 menetapkan 7 (tujuh) prioritas pembangunan, yaitu: 

1. Jalan dan irigasi kondisi baik;

2. Produk umkm berkualitas;

3. Desa wisata bertaraf internasional;

4. Integrasi pelayanan publik;

5. Ketahanan pangan melalui penguatan 

komoditas unggulan;

6. Pembangunan sumber daya manusia dan 

layanan dasar;

7. Akhlaqul karimah dan penanaman nilai budayad, dengan demikian diharapkan ada kesinambungan program–program pembangunan dari tingkat pusat hingga daerah. Hal itu disampaikan Bupati Lombok Tengah di depan anggota DPRD Kabupaten Lombok Tengah pada sidang paripurna DPRD Kabupaten Lombok Tengah Rabu kemarin. 

Menurut Bupati, perekonomian kabupaten Lombok Tengah pada tahun 2023 tetap bergerak secara positif, sejalan dengan makin meningkatnya roda perekonomian masyarakat, dan ditopang oleh terbangunnya proyek-proyek strategis di kabupaten Lombok Tengah dan terselenggaranya berbagai event internasional.

Kinerja perkonomian ditunjukan dengan angka produk domestik regional bruto atas dasar harga berlaku (pdrb adhb) tahun 2023 sebesar 21,25 triliun rupiah, meningkat sebesar 2,01 triliun rupiah dibandingkan dengan tahun 2022 yang sebesar 19,24 triliun rupiah.

Produk domestik regional bruto perkapita kabupaten Lombok Tengah atas dasar harga berlaku tahun 2023 juga mengalami peningkatan angka sebesar 19,50 juta rupiah, dan pertumbuhan ekonomi tahun 2023 tumbuh secara positif pada angka 5,77 persen. kondisi ini mengalami peningkatan dibanding tahun 2022 yang sebesar 3,55 persen dan menjadi yang tertiggi di NTB . 

Kesempatan masyarakat untuk mengakses pelayanan khususnya pelayanan kesehatan, pendidikan dan daya beli ditunjukkan dengan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) yang semakin baik, di mana pada tahun 2023 meningkat menjadi sebesar 70,41 dari tahun sebelumnya yang sebesar 67,57. Demikian pula berbagai upaya untuk mempercepat peningkatan kesejahteraan masyarakat dan penurunan kemiskinan terus dilakukan secara simultan, terpadu dan terintegrasi yang melibatkan perangkat daerah dan stakeholders terkait.persentase angka kemiskinan di kabupaten Lombok Tengah berada di urutan ke 4 dari 10 kabupaten/kota di provinsi NTB, yaitu sebesar 12,93 persen.

Dalam pengelolaan anggaran pendapatan dan belanja daerah kabupaten Lombok Tengah tahun 2023, dapat disampaikan sebagai berikut: Pertama, pendapatan daerah ditargetkan sebesar Rp. 2.379 triliun lebih- dan terealisasi sebesar Rp. 2.278 triliun lebih.

tujuh ratus empat puluh satu rupiah tiga puluh 

sembilan sen ) atau 95,73 %




Subscribe to receive free email updates: