HUT Lombok Kenang Perjuangan KNPI

 


Lombok Tengah  SN - Momentum hari jadi Kabupaten Lombok Tengah hendaknya menjadi renungan bersama bagaimana para pemimpin terdahulu gigih membangun Kabupaten Lombok Tengah seperti sekarang ini.

Daerah yang sebelumnya dipandang sebelah mata karena kemiskinan dan pendapatan daerah yang minim dan masyarakatnya kurang menerima proses pembangunan,kini menjadi daerah yang maju dimana masyarakatnya sangat well come terhadap pembangunan maka berbagai pembangunan skala nasional dan internasional dibangun di bumi Tatas Tuhu Trasna itu. Kini setelah menjadi daerah yang maju, masyarakat hanya dituntut untuk mempersiapkan diri menghadapi era kemajuan tersebut dan jangan sampai menjadi penonton didaerah sendiri.

Dibalik suksesnya pembangunan di Kabupaten Lombok Tengah itu, ada peran pemuda dalam pembangunan itu sendiri,

Pemuda ikut andil dalam membangun daerahnya dengan cara mereka sendiri. Salah satu momentum bersejarah yang pernah ditorehkan oleh pemuda adalah perumusan hari jadi kabupaten Lombok Tengah yang tergabung dalam organisasi kepemimpinan yakni KNPI Kabupaten Lombok Tengah. 

Ditangan para pemudalah kabupaten Lombok Tengah mengetahui jati dirinya melalui seminar nasional yang digelar di Kabupaten Lombok Tengah tepatnya di Aula Kementrian Agama Kabupaten Lombok Tengah.

Sejak itulah DPD KNPI Kabupaten Lombok Tengah dengan L.M.Saleh sebagai Ketua dan L.Amrillah sebagai sekretaris DPD KNPI Kabupaten Lombok Tengah berhasil menorehkan tintas sejarah Kabupaten Lombok Tengah. 

Ada yang hampir terlupakan dari rentetan proses perumusan hari jadi hingga ditetapkan melalui peraturan Bupati Lombok Tengah nomor 4 tahun 2024 yakni kisah perjalanan laut selat Lombok Sumbawa.

Di tengah laut itulah pijakan awal memulai sebuah kegiatan maha besar yakni merumuskan hari jadi kabupaten Lombok Tengah. Waktu itu Bupati Lombok Tengah masih dijabat H.L.Wiratmaja alias Mamiq Ngoh. Sepulang dari Kabupaten Lombok Tengah dalam rangka menghadiri undangan HUT kabupaten Sumbawa, Bupati kemudian memanggil Ketua  Sekretaris dan Koordinator wikayah KNPI NTB Ihsan S.Hut . D sebuah meja bundar di kapal Fery, Bupati Lombok Tengah Mamiq Ngoh mengatakan, "Sebelum kalian menginjakkan kaki di Lombok, saya minta hari jadi Kabupaten Lombok Tengah sudah harus dirumuskan atau diseminarkan" kata Bupati.

Rupanya Bupati Miq Ngoh sedikit risih dengan sindiran Bupati Sumbawa dast berpidato di Apel HUT Kabupaten Sumbawa

 "Terimakasih atas kehadiran Bapak Bupati Lombok Tengah memenuhi undangan kami  lalu kapan Kabupaten Lombok Tengah mengundang kami" kata Bupati Sumbawa kala itu.

Kini usia dserah yang ber motokan Tatas Tuhu Trasna itu sudah menginjak 79 tahun tepatnya tanggal 15 Oktober 2024, saatnya masyarakat ikut terlibat dalam proses pembangunan di Kabupaten Lombok Tengah. 

Itulah sekelumit cerita kenapa kemudian hari jadi kabupaten Lombok Tengah lahir. Semoga menjadi inspirasi bagi pemuda untuk terus berkarya.

Tulisan ini sekaligus ingin mengingatkan kita semua bahwa ada peran pemuda hebat didalam proses hari jadi disamping peran orang Tim Perumus Kabupaten Lombok Tengah. JAS MERAH Jangan Sekali kali melupakan sejarah. 

Kesuksesan merumuskan hari jadi kabupaten Lombok Tengah juga tidak lepas dari kerja keras Panitia dan dukungan tokoh masyarakat,kaum cendikiawan, sejarawan,politisi  tokoh pemuda dan birokrat serta akademisi dari UNIVERSITAS Mataram dan Universitas Udayana Denpasar Bali dan berbagai perguruan tinggi swasta di Mataram 

Apel HUT Kabupaten serta akaLombok Tengah yang dipimpin oleh PJ Bupati Lombok Tengah H.Abdul Azis ini alah salah satu cara kita untuk mengenang perjuangan pahlawan dan pemimpin bangsa dari masa kemasa. Semoga cerita ini bermanfaat bagi kita semua.

Subscribe to receive free email updates: