Mentalitas


Foto Profil Fb Kalep/KM
Oleh Kalep

Opini, (KM)--Pembaca yang budiaman sebelum membahas lebih jauh apa itu mentalitas.?? Mentalitas adalah suatu keadaan dan aktivitas jiwa batin, cara berpikir dan berperasaan (sumber: kbbi.)

Syahrul Anwar,  Merasa pentingnya mengenai  mentalitas bagi setiap individu sehingga  ia mengali kedalam mengenai mentalitas itu sendiri. Ia mengatakan Mentalitas adalah sikap atau keberanian seseorang dalam melakukan suatu tindakan atau perilaku dengan penuh keseriusan dalam melakukan berbagai hal, penuh optimis, dan penuh kepercayaan yang sangat tinggi dalam mencapai suatu cita-cita yang sebelumnya telah di rencanakan dengan matang. 

Dalam hal ini mentalitas merupakan kunci utama dalam setiap mencapai keberhasilan, khususnya dalam mencapai keberhasilan proses belajar siswa di kelas (di lingkungan sekolah), atau juga di lingkungan luar sekolah, di manapun pada saat proses belajar siswa berlangsung, agar supaya menjadikan pembelajaran siswa lebih aktif, kreatif, dan menyenangkan. 

Mentalitas harus melati bagi setiap manusia untuk berperang aktif pada saat di beri waktu untuk melakukan suatu tugas dan tanggungjawab dari organisasi atau lembaga. Kesiapan dari jauh memantapkan diri untuk bagaimana cara mendidik untuk menenangkan jiwa dari ke grogian, kelemahan dan tak percaya diri. Ini semua akan mempengaruhi  pikiran dan mentalitas manusia sehingga seolah olah manusia itu merasa tidak mampu bersains dengan dunia modern ini.

Kalau ingin kuat dan kuasai apa yang di pelajari pada diri Anda maka perlu siapkan diri yang matan dari pelatihan orang lain ataupun dari diri sendiri untuk memantapkan mentalitas  yan kuat dan kokoh. Jangan melemah dan suka menerebos dari orang apa yang di katakana tetapi berpegang dan pada prinsip diri tetap jaya.

Mentalitas perlu melatih dengan cara berdisplinan yang kuat. Apa yang di rencankan hari ini  kerjakan hari juga. jangan menundah menundah sebab mentalitas kita akan mengaruh apa yang di tundah dan kekurangan pada diri Anda.

Mentalitas diri manusia perlu belajar dari sikap percaya diri dan ketenangan jiwa. Mentalitas di butuhkan kepercayaan dan keyakinan yang tinggi untuk merubah dan merasa mampu untuk melalukan apapun itu.

melatih mentalis juga harus merendahkan diri, menghargai sesama, mencintai ciptaan di bumi dan merasa diri kuat dan mampu menjalankan semua itu tanpa berpandang hulu.

Diriku

Penulis tidak sombong, penulis  juga manusia yang biasa  sama dengan Anda. Penulis akan menceritakan sedikit mengenai pengujiwan mental saat MAKRAB IPMANAPANDODE JOGLO 2016. Abang  senior dan Panita  menguji mental kepada Mahasiswa Baru (MABA) dengan cara berkata kata yang sedih, berkeras suara, dan pengujian diri dari berbagai halnya. Saat itupun penulis tidak sama sekali mengugup dan menjatuhkan diri sebab sudah didik dari kecil oleh kedua orang tua hingga masalah mental sebagai hal biasa bagi-Ku

Dunia ini membutuhkan orang yang bermental kuat dan mampu melawan dari semua keraguan dan tantangan hidup. Maka mari sama sama belajar dari orang orang bermental kuat agar mampu bersains didunia IPTEK yang maju ini.(KM)


Subscribe to receive free email updates: