Nikmati Sensasi Baru Di Pantai Selong Belanak



Lombok Tengah, sasambonews.com- Jika berlibur  dan menghabiskan akhir minggu bersama keluarga, Tidak salah jika memilih  Pantai Selong Belanak. Pantai Selong Belanak yang terletak 25 Kilometer dari kota Praya dan memakan waktu kurang lebih 30 menit ini menyimpan banyak keindahan serta panorama alam pantai yang luar bisa indah, dan bagi para penggemar Surving di pantai inilah tempat para pemula untuk belajar mengendalikan papan Surving yang terkenal dengan ombak pantai.



Pantai Selong Belanak dulu pada era tahun 80 masih jarang dikunjungi, ini dikarenakan jalan menuju wilayah pantai Selong Belanak masih kurang bagus, ditambah dengan jurang yang terjal membuat sebagian orang mikir seribu kali untuk mengunjungi tempat tersebut, namun, seiring dengan perkembangan kemajuan daerah  serta pembangunan kawasan pariwisata termasuk infrastruktur jalan yang terus mengalami peningkatan, kawasan itu kini menjadi surga dunia bagi para wisatawan.

Pantai Selong Belanak mempunyai garis bibir pantai yang sangat luas, hal ini menjadi daya tarik tersendiri, terlebih pasir putih bak mutiara menjadikan tempat ini menjadi tujuan wisata yang sudah mulai diperhitungkan, apalagi, dengan banyaknya Home Stay serta Villa yang sudah mulai menjamur, menjadikan pantai tersebut menjadi indah, ditambah dengan pemandangan gunung yang berderet mengelilingi pantai, serta beberapa Villa yang dibangun oleh para investor diatas perbukitan, menjadikan tempat ini seperti negeri khayalan, bagaimana tidak, dari atas bukit atau Villa yang kita sewa, kita dengan leluasa melihat keindahan pantai Selong Belanak,” Luar biasa indahnya, saya sering berkunjung ke Selong Belanak, karena pemandangan disini berbeda dengan pantai yang lain, disini bisa kita melihat pantai, bisa juga melihat perbukitan serta gunung –gunung yang berderet mengelilingi pantai,” ujar L. Sabarudin.
Ombak di wilayah pantai Selong Belanak tidaklah terlalu besar, cukup untuk belajar Surving bagi pemula, karena ombak tidaklah terlalu keras, namun cukup untuk menggerakkan papan Fiberglas surving, sehingga sangat cocok untuk belajar atau sekedar untuk bersurving ria bagi yang telah bisa mengendalikan papan Surving.

Senada dengan L. Sabarudin, Salah seorang warga Selong Belanak, HL. Fathurahman mengatakan, Pantai Selong Belanak berbeda dengan pantai yang lain, jika pantai Senggigi sering melihat Sunset, namun di Selong Belanak Sunset bisa terlihat pada bulan Desember, Januari hingga Februari, hal ini disebabkan letak Matahari kadang kala pada bulan lainnya sering ditutupi oleh bukit yang ada di sebelah barat, meski demikian jika tak dapat melihat Sunset dapat melihat warna merah jingga  dibalik bukit dan menyebar di seantero pantai Selong Belanak  “Sunset kadang bisa terlihat bisa juga tidak, tapi kalau tidak terlihat, sinar matahari sore membias karena terhalang oleh bukit, warna kemerah jingga, sehingga ini sangat luar biasa,” ujarnya.
 
Selain itu, bagi para pengunjung, serta turis mancanegara yang berkunjung sambil berjemur di pantai sering kali menunggu waktu pukul 16. 00 Wita. Pada sore hari para pengembala yang biasa mengembalakan kerbau diatas bukit atau ladang akan pulang mengembalakan kerbau, dan selalu melewati bibir pantai, kerbau berjalan bergerombol jalan dengan teratur, karuan saja pemandangan ini menjadi daya tarik tersendiri, bagaimana tidak, jika dilihat dari arah timur, gerombolan kerbau beriringan, disaat turis sedang berjemur, ditambah lagi dengan merah jingga sinar matahari, luar biasa menakjubkan.

Nah penasaran, datanglah ke Selong Belanak, anda akan mendapatkan sensasi baru yang belum pernah dilihat dan dirasakan di daerah lain. Am









Subscribe to receive free email updates: