SDN Pemotoh Barat Siap Dipindah

H.Sumum
Lombok Tengah, sasambonews.com. SDN 1 Pemotoh Barat Desa AIk Brik Kecamatan Batukliang Utara dalam waktu dekat akan dipindah, lantaran posisi bangunan sekolah berada di ujung tebing yang berpotensi longsor setiap saat.

Kepala Bidang Pendidikan Dasar Dinas Dikpora Kabupaten Lombok Tengah H.Sumum mengatakan, lokasi tempat dibangun sekolah baru tidak jauh dari tempat bangunan lama. Hal ini dilakukan agar jarak antara rumah siswa dengan sekolah tidak terlalu jauh. "Kita pindahkan ke yang dekat dekat saja, tidak jauh dari perkampungan" jelasnya.

Menurut Sumum, ada 118 siswa SDN Pemotoh barat akan dipindah. Untuk sementara tanah tempat bangunan sudah ada sedangkan bangunan sekolah sementara menggunakan bangunan darurat hingga akhirnya nanti dibangun bangunan yang permanen. "bangunan sementara saja, yang penting proses belajar mengajar tidak berhenti" jelasnya.

Sumum menegaskan, pemindahan sekolah wajib dilakukan untuk keamanan dan kenyamanan siswa sendiri. terkait dengan penolakan kepala Sekolah, Sumum menegaskan tidak ada hak Kepala Sekolah untuk menolak dipindahkan sebab ini sudah menjadi keputusan pemerintah. "Pemerintah melihat sudah tidak refresentatif lagi di bangunan lama sebab ancamannya longsor, kalau dipaksakan maka akan ada korban jiwa sewaktu waktu tanah longsor, ini sudah menjadi keputusan pemerintah dan harus diikuti oleh semuah pihak" jelasnya.

Sebelumnya diinformasikan longsor terjadi tidak jauh dari bangunan sekolah. Longsor mengakibatkan akses jalan tertimbun dan rusak parah. Bangunan sekolah berada di ketinggian 50 meter dari akses jalan sehingga berpotensi untuk longsor mengingat jarak antara tebing dengan bangunan sekolah kurang lebih 10 meter. Am

Subscribe to receive free email updates: