Sikapi Longsor, Bupati Panggil Kades, Camat Dan Kadis

Lombok Tengah, sasambonews.com. Bupati Lombok Tengah memimpin rapat terbatas menyikapi kejadian tanah longsor di Balai Benih Ikan (BBI) Desa Pemepek Kecamatan Batukliang.

Bupati mengatakan, setelah meninjau ke lokasi, ada beberapa gambaran teknis setelah turun ke lapangan diantaranya, buka jalan alternatif dahulu dari Pondok Gedang ke Benang Kelambu. "Ngeri jalan melintas di jalan itu sebab hujan masih lama turun, sementara lewat benang kelambu untuk sementara" jelasnya.

 Selain itu tebing tinggi itu dijauhkan dari jalan dan bilaperlu jalan menuju Pondok Gedang dilebarkan hingga 9 meter. "silahkan PU yang tahu teknisnya, entah mau bronjong atau tera siring" jelasnya.


PU diminta untuk memperhitungkan juga panjang dan pendek jalan tersebut diperlebar, sebab jalan itu jadi akses ekonomi masyarakat.

Bupati juga meminta jalan memuju pondok gedang, jangan ada pengkolan mati, itu berbahaya. Bila perlu dikepres. "Selesaikan dahulu ditempat longsor jangan permanen dahulu. Sistim pengerjaannya semi gotong royong, masyarakat dan pemerintah" jelasnya.

Untuk sementara bupati meminta agar masyarakat dilarang dahulu melintas sebab sangat berbahaya.

Sementara Kadis PU H.L.Rasyidi mengatakan karena persoalan ini sangat mendesak dan darurat maka pihaknya akan segera alat berat didrop semua. Selain itu karena ini program terus terusan maka akan di siapkan dapur umum dan tenda. "Kerja cepat, ngebon dulu kawat bronjong. Untuk rumah kita hutangkan dahulu,,ada program rumah bedah" jelasnya.



Subscribe to receive free email updates: