Februari Bupati Bongkar Seluruh Pejabatnya


LOMBOK TENGAH, sasambonews.com. Bupati Loteng, HM Suhaili FT mengatakan, dalam waktu dekat ini akan melakukan lelang jabatan. Hal ini dilakukan untuk mempercepat pengisian pejabat definitive. “Rencananya lelang jabatan melalui panitia seleksi (pansel) akan dilakukan pertenghan Januari,” kata Suhaili usai malam perayaan tahun baru di lapangan PSLT Praya, (1/1)

Setelah itu ungkap Suhaili, awal Februari sudah ada pejabat definitive. Namun, siapa pun itu, ia meminta tetap bekerja lebih giat, demi kesejahteraan masyarakat. Selain itu,Bupati menekankan, mutasi berikutnya dipastikan akan digelar secara besar-besaran, ada yang mendapat jabatan baru, ada pula yang posisinya dipindah kejabatan lain, bahkan ada yang diperpanjang masa pensiunya. “Intinya, apa pun jabatan itu, tetap dijalan penuh tanggungjawab, sesuai dengan tugas dan fungsi masing-masing,” tegasnya.

Sementara, sebelum ada pengisian pejabat definitive. Roda pemerintah sementara waktu dijalankan oleh sekretaris dinas dan badan yang telah dikukuhkan, dilantik dan sumpah jabatan pada malam Sabtu (30/12) di Pendopo.

Karena, terhitung sejak dilantik dan dikukuhkan tersebut, kata Suhaili para sekretaris SKPD menjadi pengendali sementara roda organisasi di masing-masing dinas dan badan. Merekalah yang akan bertanggungjawab dalam pencairan gaji para pegawainya, termasuk pelayanan birokrasi dan kebijakan program kerja singkat.

Kendati hanya hitungan minggu saja, ia ingin para sekretaris SKPD itu, meletakkan dasar pelaksanaan rencana pembangunan dengan baik.  Sampai dijalankan kembali oleh pejabat SKPD definitif.

Kebijakan ini, terang Suhaili sesuai dengan perintah Undang-undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang, Aparatur Sipil Negara (ASN). Termasuk didalamnya, aturan yang menyangkut organisasi perangkat daerah (OPD). Sehingga, inilah yang disebut masa transisi aturan.

Kemudian, jabatan mereka itu lanjut Suhaili, rencana akan berakhir antara, minggu ketiga atau keempat Januari ini. Selama perjalanan jabatan mereka, Pemkab akan melaksanakan seleksi ketat terhadap para pejabat SKPD definitif. Seperti pansel. “Kita berharap semuanya berjalan dengan baik. Sehingga secepatnya bisa terisi pejabat defenitif,” harapnya.

Terpisah, Sekda HM Nursiah, menerangkan, dalam waktu dekat ini, pansel dibentuk dan pengumuman pelelangan jabatan eselon II dan III akan dibuka. Ia berharap, selama pelaksanaan seleksi, para calon pejabat menunjukkan prestasi dan sikap profesionalitas, bukan yang lain-lain. “Kita akan percepat proses ini. Karena, kita harus mengejar target program kerja,” tungkas Nursiah. |dk

Subscribe to receive free email updates: