Aik Mual Jadi Pilot Project Desa Broadbrand

LOMBOK TENGAH, sasambonews.com - 
Desa Aik Mual, Kecamatan Praya Tengah, terpilih sebagai pilot projek Desa Broad Band.

Kepala Desa Aik Mual, Asror Hadi menjelaskan, desa broad band merupakan salah satu program Kementerian Komunikasi dan Informatika yang bertujuan untuk mempermudah pemerintah pusat dalam memantau desa-desa di Indonesia.  

Tanpa harus turun ke desa, pemerintah pusat bisa mengetahui kondisi suatu wilayah melalui pantauan satelit. Mulai dari jumlah penduduk, kondisi geografis sampai dengan potensi desa, bisa dipantau secara detile. Pengharaan serupa juga diberikan kepada 222 desa se Indonesia.

Desa yang terpilih akan mendapat fasilitas, mulai dari computer, server,penyediaan jaringan dan fasilitas lain yang diharapkan mempermudah akses pelayanan di desa.

Melalui program tersebut, pengurusan administrasi di desa nantinya bisa dilakukan secara online. Pengurusan dokumen kependudukan misalnya, bisa dilakukan melalui HP androidtanpa harus datang ke kantor desa.
Sebagai langkah persiapan, saat ini pihak Kominfo masih melakukan pemetaan wilayah menggunakan drone.  Sesuai jadwal yang ada, segala persiapan diperkirakan rampung bulan Desember.

Pihaknya juga sudah mengirim dua orang operator desa sudah diberangkatkan pihak kementerian untuk mendapatkan pelatihan dari salah satu perguruan tinggi ternama di Jakarta. Yang mana, biaya pelatihan ditanggung langsung oleh pihak kementerian.

Adapun penghargaan akan diberikan langsung oleh Presiden tanggal 28 Oktober mendatang. “Kami diundang ke Instana Presiden,” tuturnya.
Sementara itu, dipilihnya Aik Mual sebagai desa brod band karena dianggap paling aktif mengakses data desa melalui internet.  

Dengan sumberdaya manusia di Desa Aik Mual, pihaknya optimis hal itu akan dapat diterima oleh dan dimanfaatkan oleh masyarakat. Terlebih saat ini warga sudah melek tekhnologi. Sehingga untuk menjalankan program tersebut, tidak terlalu sulit.
Agar bisa dijalankan secara maksimal, pihaknya berharap program tersebut terus dipantau oleh pemerintah pusat, termasuk segala kebutuhan yang diperlukan.  |wis

Subscribe to receive free email updates: