Menurutnya, pengertian secara umum, skenario adalah urutan cerita yang disusun oleh seseorang agar suatu peristiwa terjadi sesuai yang diinginkan sedangkan pembelajaran adalah proses komunikatif-interaktif antara sumber belajar, guru dan siswa saling bertukar informasi.
Dengan demikian skenario pembelajaran adalah pengertian skenario pembelajaran merupakan urutan cerita yang disusun oleh seseorang guru agar suatu peristiwa pembelajaran terjadi sesuai dengan yang diinginkan.
Mujiman mengatakan, Materi WS 3 tentang pengembangan skenario pembelajaran terbagi dalam 5 sesi diantaranya pertama, pengembangan skenario pembelajaran, Kedua, simulasi skenario pembelajaran,
Ketiga perbaikan skenario pembelajaran.
Ke empat, pengembangan pertanyaan pembelajaran dan terakhir ke lima adalah rencana kegiatan tindak lanjut. "Kita melihat guru guru sudah memahami tentang skenario pembelajaran itu, mereka langsung mempraktekkan dan sudah dapat difahami" jelasnya.
Terdapat beberapa langkah kerja dalam menyiapkan skenario pembelajaran, diantaranya Pelajari LKS (Lembar Kerja Soal) yang akan digunakan oleh siswa guna mengetahui materi apa yang akan dipelajari dan dengan cara bagaimana guru akan memfasilitasi peserta didik, Tentukan waktu, peralatan atau alat bantu yang akan digunakan dalam pembelajaran, Tulis langkah-langkah yang akan dilakukan dalam proses pembelajaran sesuai dengan tahapan-tahapan pembelajaran yang direncanakan dan lain sebagainya.