Atasi Kekeringan Tahun Ini, Pemdes Pelambek Tambah Sumur Bor


Lombok Tengah sasambonews.com - Guna mengatasi masalah kekeringan yang setiap tahun terjadi, Pemerintah Desa (Pemdes) Pelambik Kecamatan Praya Barat Daya Kabupaten Lombok Tengah akan menambah 3 sumur bor di tiga Dusun. Hal ini dikatakan Sekdes Pelambik Sudirman saat ditemui di ruang kerjanya Selasa 19/03/2019.

Sementara itu nantinya sumur bor yang akan dibangun di tiga dusun tersebut akan dibor sampai kedalaman hingga 70-80 meter dengan anggaran sekitar 106 juta per unit. 

Selain itu sumur bor yang tersedia saat ini berjumlah 5 unit  sehingga masih kekurangan untuk menghadapi musim kemarau tahun ini.”musim kemarau tahun lalu juga kita kadang-kadang minta bantuan sama PMI untuk air bersih”ujarnya.

Walupun ada aliran PDAM ke wilayahnya, namun tidak serta merta dapat memenuhi kebutuhan air bersih masyarakat di Desa Pelambik terlebih air untuk lahan persawahan. “kalau sekarang kita masih kekurangan sehingga tahun ini desa menambah 3 unit sumur bor” ungkapnya.

Tak hanya maslah kekurangan air bersih, namun pihaknya juga akan mencanangkan program nasional yakni wilayah bebas buang air bersih atau Open Defeciation Free (ODF). "Selain penambahan sumur bor kita juga akan mencanangkan program ODF" Sampainya.(Nw)

Subscribe to receive free email updates: