Bupati dan Wabup Resmikan Jalan Montong Sapah

 


Lombok Tengah, SN - Bupati Pathul dan Wabup Nursiah Tunjukkan Kekompakan Saat Resmikan Infrastruktur di Hari Bhakti PU Ke-78 

Rangkaian peringatan Hari Bhakti Pekerjaan Umum ( PU ) ke-78 berlangsung kegiatan peresmian pembangunan proyek infrastruktur di wilayah selatan Lombok Tengah menutup pekerjaan tahun 2023, di Desa Montong Sapah, selasa (19/12/23). 

Salah satu jalan yang diresmikan adalah ruas jalan  Lendang Bao Batujangkih- Kebon Jeruk Desa Montong Sapah.


Kekompakan Bupati Lombok tengah HL.Pathul Bahri,S.Ip, M.AP dan Wakil Bupati Dr.HM.Nursiah,M.Si., hadiri peresmian ruas jalan Lendang Bao Desa Batu Jangkih ke Kebon Jeruk Desa Montong Sapah Kecamatan Praya Barat Daya menunjukkan simbol persatuan pemimpin Lombok tengah untuk bersama-sama meraih kemajuan. 


Hal tersebut sangat berkesusaian dengan slogan yang diusung Dinas PU-PR sebagai refresentasi " Pekerja keras, bergerak cepat, bertindak cepat, bersatu jaya membangun Tastura,". 


Kepala Dinas PU PR Lalu Rahardian menerangkan, Proyek jalan ini adalah salah satu kegiatan atau proyek yang dikerjakan lingkup Dinas PU PR tahun 2023. 


Lebih lengkap, Rahardian melaporkan, tahun 2023 terdapat sebanyak 495 jumlah paket kegiatan yang dikerjakan. Tersebar merata di seluruh Kabupaten Lombok tengah dengan alokasi anggaran sebesar 139 milyar lebih. 


" 48 milyar lebih bersumber dari DAK, 59 milyar lebih dari DAU, 5 milyar lebih dari dana DBCHT," paparnya. 


Dijabarkan, rinciannya yaitu 45 milyar lebih dialokasikan untuk bangun jalan dan jembatan. 3,4  milyar lebih untuk irigasi. Penyediaan air minum dan sanitasi sekitar 45 milyar lebih. Khusus wilayah selatan paket yang dikerjakan jalan Lendang Bao ke Kebun jeruk, jalan ruas Mangkung-Selong blanak, Pian Buwun Mas Kecamatan Pujut. 


Sementara Jembatan, ada jembatan rapat hubungkan Kecamatan Praya timur Desa Kidang dan Kecamatan Pujut Desa Bangkat parak. Selanjutnya, jembatan Sinah di Desa Pengembur, jembatan Desa Tumpak, dan Jembatan di Desa Kute. 


Dipaket irigasi, ada di Batu ngapah Desa Kidang, rehab di Desa Mujur, Embung Batu bokah Desa Banyu urip. 


" Kalau penyediaan air bersih dan sanitasi merata di 12 Kecamatan," lugasnya sambil mengakhiri dengan  sebuah pantun yakni Sentul dipilah sisipin duren, supaya bisa taruhin tebu. Pathul Nursiah pemimpin keren, membawa kita semakin maju. 


Bupati HL.Pathul Bahri, S.Ip,M.AP., dalam sambutannya turut berucap syukur karena sekarang tidak malas lagi turun ke lapangan sebab jalan sudah bagus. Meski diakui kondisi infrastruktur Loteng baru 80 persen posisi mantap. Sehingga Pemkab terus berupaya lakukan Pembenahan. 


" Bagi wilayah yang jalannya sudah bagus mari kita jaga dan rawat sebagai tanggung jawab bersama, bagi yang belum dihimbau bersabar, semua hanya soal waktu, tinggal semua pihak tingkatkan diskusi dan usaha bersama cari solusi ketika ada persoalan, insyaAllah semua pasti terwujud," sampainya. 


Bupati mengarahkan, agar dapat merealisasikan harapan masyarakat. Peran semua pihak dari Pemerintah hingga warga sangat penting. Terutama dalam menjaga keamanan, kondusifitas dan kelancaran roda pembangunan Daerah wisata agar banyak tamu datang yang dapat hasilkan uang. Dari sanalah tercipta sirkulasi yang berimplikasi langsung manfaatnya ke masyarakat untuk belikan Kadus motor, gaji merebot masjid, membangun insfrastrukur dan lainnya. 


" Tujuan pemerintah mulia, hasil sebuah kontestasi politik tidak boleh binakire, melainkan harus berbuat untuk kepentingan yang lebih luas," tandasnya. 


Sebagai bentuk terimakasih yang mendalam, Darbe Kepala Desa Montong Sapah mengutarakan lewat pantun : "Dari sekian banyak merpati, hanya satu yang jatuh ke bumi. Dari sekian banyak Bupati hanya Pathul-Nursiah yang menepati janji". 


Darbe sangat bangga dan terharu, jalan hotmik ini sudah jadi impian warga sejak 40 tahun silam, dan sekarang akhirnya bisa kenyataan. Pathul-Nursiah telah jawab keinginan. 


Tentu adanya ekses jalan yang memadai, tukasnya, akan berdampak besar pada keberlangsungan kehidupan masyarakat. Baik dalam akses perekonomian, kesehatan, pendidikan, akomodasi, pariwisata, lalu lintas barang dan jasa dan banyak lagi. Apalagi jalan di Montong sapah ini sebagai jalur strategis, pintu keluar masuk perbatasan lintas Kabupaten yang menghubungkan Lombok tengah dan Lombok barat. 


Pantauan di lokasi, acara Peresmian Jalan ditandai dengan pemotongan pita dan pecah kendi oleh Wakil Bupati HM.Nursiah bersama Bupati Pathul disaksikan segenap pejabat OPD, Camat, Kades, TNI-Polri, Toga, Toma, Tokoh Pemuda dan tamu undangan. Dirangkai dengan pembagian santunan kepada 78 anak yatim.

Subscribe to receive free email updates: