RSUD Praya Evaluasi Kinerja Admin



Lombok Tengah - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Praya terus mereview kembali kinerja admin rawat inap dan rawat jalan. Hal itu dilakukan untuk meningkatkan layanan kesehatan bagi pasien di RSUD Praya.


Saat berada di rumah sakit, akan bertemu dengan beberapa profesi yang menjadi bagian di sana. Nah ada satu bagian yang ternyata nggak kalah penting bagi pasien saat ingin melakukan pemeriksaan, yaitu bagian administrasi rumah sakit. Walaupun terdengar sepele, ternyata bagian administrasi rumah sakit adalah ‘pintu gerbang’ untuk melakukan pendaftaran dan pengurusan kartu untuk rawat jalan maupun rawat inap.


Selain mengurus bagian pendaftaran, bagian administrasi juga bisa mengeluarkan rincian pembiayaan jika pasien membutuhkan gambaran biaya di awal. Namun kadang, gambaran pembiayaan bisa berubah setelah pasien menjalani perawatan dan pengobatan. Selanjutnya, bagian administrasi akan membantu mengarahkan pasien menuju bagian pembayaran atau kasir.


 Hal itu diungkapkan Kabid Pengembangan dan Pengelolaan Sumberdaya (PTSD) RSUD Praya dr. Heni Mardiani didampingi Kasi Mutu dan Pelayanan Taufik Akbar di ruang kerjanya kemarin.

"Kita selalu mengevaluasi kinerja petugas Admin, agar pelayanan semakin baik" kata Heni

Heni menegaskan meupgrade dan refresh pengetahuan admin ruang rawat inap dan rawat jalan terutama elektro rekam medik ditahun 2024 adalah bentuk keseriusan di pihal rumah sakit dalam memperbaiki pelayanan kesehatan. 

Heni menambahkan setiap saat pihaknya selalu evaluasi kinerja layanan admin rawat jalan dan rawat inap dari segi cara melayani dan kompetensi mengerjakan tugas. Jika tidak memenuhi ekspektasi yang diharapkan Rumah Sakit maka pihaknya tidak segan segan untuk melakukan mutasi atau rotasi. "ini dasar kami merotasi admin sehingga target target kinerja sesuai standar yang kami lakukan dan standar kinerja yang diberikan BPJS tercapai" ujarnya.


Seorang bagian administrasi akan bekerja melayani pasien yang datang ke loket administrasi sesuai sub bagian atau divisi rumah sakit. Selanjutnya, bagian administrasi akan menjembatani komunikasi serta kebutuhan pasien terhadap dokter ataupun perawat. Oleh karena itu, seorang bagian administrasi harus memiliki jiwa melayani dan tata pengelolaan dokumen yang baik


Oleh karena itu setiap bulan dievaluasi kinerja admin. Kinerja admin terhadap klaim. Harus tepat waktu maka klaim BPJS juga akan lancar. Maka pembayaran insentif petugas akan tetapi lebih baik lagi. "Jadi begitu pentingnya peran administrator di rumah sakit, karena itu kita berharap agar petugas administrasi bisa bekerja dengan baik untuk memberikan pelayanan terbaik baik pasien maupun bagi petugas kesehatan sendiri" harapnya.

Subscribe to receive free email updates: