Pemda Klaim Pertumbuhan Ekonomi Lombok Tengah Meningkat



Lombok Tengah, SN - Wakil Bupati Lombok Tengah H.M.Nursiah mengatakan rancangan KUA dan PPAS kabupaten Lombok Tengah tahun anggaran 2025 telah disusun berdasarkan rencana kerja pemerintah daerah kabupaten Lombok Tengah tahun 2025 yang telah ditetapkan melalui perturan Bupati nomor 21 tahun 2024, dimana dalam penyusunan rencana kerja pemerintah daerah tahun 2025 telah melalui beberapa pendekatan perencanaan yaitu teknokratis, partisipatif, politis, top-down dan bottom-up serta melalui proses musyawarah perencanaan pembangunan kabupaten Lombok Tengah dengan memperhatikan pula sinkronisasi kebijakan perencanaan pembangunan nasional dan pemerintah provinsi Nusa Tenggara Barat. Hal itu disampaikan Wakil Bupati saat sidang paripurna DPRD Lombok Tengah kemarn dengan agenda penyampaian pendapat akhir pemerintah terhadap rancangan KUA PPAS Kabupaten Lombok Tengah.

Menurutnya , di tengah prospek perekonomian global dan perbaikan kondisi perekonomian domestik yang kian membaik, diharapkan akan terus berlanjut dan diperkirakan tumbuh kuat pada tahun 2025. secara nasional, laju perekonomian diharapkan tumbuh 5,1 - 5,5 persen ditopang adanya aktivitas perekonomian regional serta kebijakan fiskal yang mendukung akselerasi transformasi ekonomi. perbaikan daya beli masyarakat dengan tingkat inflasi yang terjaga, diharapkan mampu mendorong konsumsi rumah tangga. investasi juga diperkirakan akan semakin meningkat, didorong oleh langkah-langkah penguatan reformasi struktural yang bertujuan meningkatkan kemudahan berusaha dan daya saing. 

Tahun 2025 menjadi pijakan awal bagi pencapaian rencana pembangunan jangka menengah sekaligus rencana pembangunan jangka panjang periode 2025-2045. sasaran dan indikator pembangunan pada tahun 2025 ditargetkan terus membaik, sejalan dengan penguatan kondisi perekonomian. dengan pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan terus meningkat, tingkat pengangguran diharapkan menurun serta tingkat kesejahteraan masyarakat juga diperkirakan terus membaik.

Perkembangan perekonomian global maupun nasional tersebut, tentunya akan sangat berpengaruh pula terhadap kondisi perekonomian di daer

Tujuan dan sasaran pembangunan yang akan dicapai pada tahun 2025 dengan mengusung tema pembangunan yaitu “pemantapan pembangunan sumber daya manusia, kemandirian ekonomi, daya saing daerah didukung infrastruktur dan lingkungan hidup berkualitas” yang dijabarkan ke dalam 7 (tujuh) prioritas pembangunan, yaitu: 

1) Meningkatkan kehidupan beragama dan pemajuan kebudayaan daerah.

2) Peningkatan kualitas sumberdaya manusia.

3) Pengentasan kemiskinan.

4) Optimalisasi komoditas unggulan, ekonomi kreatif dan daya saing.

5) Optimalisasi infrastruktur dan lingkungan hidup berkualitas.

6) Transformasi tata kelola pemerintahan dan birokrasi.

7) Membangun ekosistem riset dan inovasi daerah.


dengan


Subscribe to receive free email updates: