Tak Perlu Ke Mataram, Cukup Ke RSUD Praya Alat C-ARM Tersedia



Lombok Tengah, SN - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Praya terus melengkapi sarana dan prasarana kesehatan. Setelah memiliki unit bedah syaraf, RSUD Praya kini memiliki alat kesehatan khususnya Radiologi bernama C-ARM.

C Arm adalah adalah mesin radiografi yang berbentuk seperti huruf C yang dapat memancarkan Sinar X Untuk memindai kondisi pasien. Hasil pemindaian yang dihasilkan alat ini kemudian akan dikirim ke komputer agar dapat diperiksa kembali oleh dokter sehingga bisa secepatnya mengambil tindakan.”dengan hasil pindai itu dokter bisa langsung melakukan tindakan tanpa harus menunggu hasil x ray yang dilakukan di luar rumah sakit Praya” kata Direktur RSUD Praya melalui Kepala Ruang Radiologi Hendrawan di RSUD Praya Senin 29/7/2024



Hendrawan mengatakan dengan alat itu semua jenis layanan di Radiologi untuk semua pasien untuk pemeriksaan CT Scan, Dengan alat itu pemeriksaan bisa dilakukan secara langsung ketika dilakukan bedah langsung sehingga nanti petugas  tidak perlu turun ke Radiologi. untuk  mendapatkan hasil radiologinya. “Jadi begitu digunakan alat itu langsung terlihat di alat itu dimana titik titiknya dan langsung bisa dilakukan tindakan medis’ ungkapnya. 


Sebelumnya saat pasien dilakukan CT Scan, petugas harus membawanya ke Mataram atau ke Lombok Barat namun sekarang tidak perlu lagi ke manapun sebab di rumah sakit sudah tersedia sehingga bisa dilakukan secara mandiri. “Kita bisa gunakan alat sendiri. Hanya pemeriksaan ct scan, kita sudah mandiri dan sudah Punya alatnya, tak perlu dibawa kemana mana sehingga beresiko bagi pasien di perjalanan” jelasnya.


Keberadaan tentang alat tersebut kata Hendra sudah disampaikan ke masyarakat dan pasien secara langsung di ruang tunggu pasien rawat jalan sehingga diharapkan nanti masyarakat luas dapat mengetahui tentang keberadaan alat itu. Hal ini dalam rangka kecepatan dan ketepatan layanan kesehatan bagi pasien ungkapnya.


Sementara itu Kasi Promosi Kesehatan Rumah Sakit Umum Daerah Praya Ratmini mengatakan setiap bulan rumah sakit rutin melakukan sosialisasi ke masyarakat dan pasien terkait berbagai kegiatan rumah sakit termasuk juga sosialisasi kegiatan bagi unit unit layanan kesehatan di rumah sakit seperti halnya sosialisasi radiologi yang sudah dilakukan beberapa waktu lalu. 


Menurutnya kegiatan sosialisasi terjadwal.

 Promkes RSUD Praya memang sudah menjadwalkan semua unit yang ada untuk melakukan penyuluhan. “Saat bulan yang berangkutan kami Promkes akan hubungi lagi untuk memfixskan tanggal, materi, tempat dan media yang akan dipakai saat demo (sosialisasi ) penyuluhan nanti. Biasanya di awal bulan kami hubungi biar sebelum  mulai kami sudah biatkan flyer untuk disebarkan dimedsos dan WA group terkait. Bagi ingin menghadiri kegiatan tersebut nnt kami berikan kesempatan utk tax langsung sama narsumnya” kata Ratmini 


Saasaran sosialisasi kata Ratmini adalah keluarga pasiën untuk edukasi,,mengingat disiplin ilmunya padat dan kompleks,

Dalam kurun satu tahun lanjutnya dalam bulan bersangkutan pihaknya menjadwalkan masing masing bidang atau unit untuk sosialisasi program kegiatannya caranya dengan menggali dulu informasi dari Kepala Ruangan (Karu) untuk tema apa saja yang akan disampaikan, “lalu kita buatkan brosur untuk sangu pasien dan keluarga sepulang dari rumah sakit sebagai tambahan wawasan pengetahuan pasien dan keluarganya” tutur Ratmini


 Untuk kegiatan yang bersifat perorangan, Ada program konseling gizi dan obat. Keegiatan ini dilakukan dua kali dalam satu bulan. Sehingga nanti dengan mudah pasien di rawat jalan begitu dapat rekomendasi dari dokter akan diberikan surat pengantar untuk di presentasikan. “Begitu juga dengan obat, kenapa kita lakukan karena di beberapa rumah sakit belum dilakukan dan siapapun pasien rawat jalan akan dapat konseling obat dan gizi, ini sudah berlangsung sejak tahun 2022 lalu” ungkapnya mengakhiri.


Subscribe to receive free email updates: