Dewan Dukung Rini Majukan Bawang Putih Sembalun


MATARAM,Sasambonews.com
Sejumlah Anggota Dewan perwakilan rakyat daerah (DPRD) NTB dapil Lombok Timur mendukung Menteri BUMN Rini M Sumarno apabila serius ingin dan memajukan bawang putih di Sembalun Lombok timur dan bisa meremajakan lahan yang ada dari pupuk dan pestisida.

Anggota Komisi II DPRD NTB Burhanudin ,Rabu (1/2/2017) menyebutkan bahwa keinginan Menteri BUMN Rini M Sumarno di 4.000 hektar di Sembalun Lombok timur didukungnya dan semoga bisa segera dilakukan." Mudah-mudahan bisa terlaksana,kita sangat mendukung "ungkapnya yang juga Anggota DPRD dapil Lombok Timur ini.

Dirinya juga menilai bahwa lahan 4.000 hektar yang akan dijadikan lokasi menanam bawang putih tersebut terlalu luas ." Empat ribu terlalu luas,mungkin lebih kecil lagi seribu lah,"pungkasnya.

Ia juga mendorong agar gudang eks sampurna argo yang tidak lagi difungsikan bisa kembali hidup."Eks Sampurna Agro lama mangkrak sejak orde baru bisa  kembali dihidupkan ,"harapnya.

Menurut Burhanudin, gudang Eks Sampurna Agro tersebut dulu dikelola untuk mengembangkan berbagai jenis sayur dan dikirim keluar negeri." Kita sayangkan kalau tidak di hidupkan lagi. Dulu dikelola untuk pengembangan berbagai macam sayur  untuk dikirim ke luar negeri,"pungkasnya yang juga politisi PBB ini.
Diakuinya , bawang putih tidak kembali ditanam oleh petani karena saat ini bersaing dengan kentang yang juga kualitasnya bagus ."Kentang kualitas bagus ini yang membuat petani beralih dari bawang putih dan Indofood juga sudah masuk,"tuturnya.

Anggota DPRD NTB dapil Lombok Timur Suryahartin juga mendukung seluruh program pemerintah yang menguntungkan masyarakat."Semua program yang menguntungkan masyarakat pasti kita dukung. Tentu dengan sistem kerja yang akuntabel dan transparan,"terangnya.
Apalagi menurut Suryahartin juga meminta tanah disana bisa bebas dari pupuk dan pestisida."Jika diawali dengan upaya meremajakan kembali lapisan atas tanah yang sudah cukup jenuh dengan pupuk Dan Pestisida,"tandasnya. 
 
Dia juga mengakui bahwa dulu Sembalun pernah jadi sejarah maju di bawang putih, dan apabila pemerintah bisa mengembalikan itu sangat bagus."Sembalun memang punya sejarah sukses sebagai sentra produksi Bawah Putih. Maka, luar biasa jika Pemerintah mau dan mampu mengembalikan predikat itu dengan program yang jitu."pungkas Politisi Nasdem ini. Ipr

Subscribe to receive free email updates: