Disnaker Buka Peluang Usaha Dan Lapangan Kerja

Lombok Tengah, sasambonews.com- Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Lombok Tengah terus berupaya membuka lapangan pekerjaan seluas-luasnya bagi masyarakat. Diantaranya dengan meningkatkan kerjasama dengan perusahaan.

Kepala Disnakertrans Lombok Tengah, Drs.H.Masrun, guna meningkatkan lapangan pekerjaan, pihaknya mengaku telah melakukan kerjasama dengan puluhan perusahaan. Tidak hanya di Lombok Tengah, kerjasama juga dilakukan dengan perusahaan di luar Lombok Tengah.

Sejauh ini, sudah banyak program yang dilakukan Disnakertrans bersama perusahaan mitra dalam menjembatani masyarakat dalam mencari pekerjaan, salah satunya Job Fair yang rutin diadakan. Sejauh ini, lanjut H.Masrun, Job Fair sudah dilaksanakan sebanyak 10 kali dan telah menyerap ribuan tenaga kerja. Hanya saja, Job Fair yang dilaksanakan selama ini hanya diikuti perusahaan yang beroperasi di Lombok Tengah.

Agar lebih maksimal, dalam waktu dekat pihaknya berencana menggelan Job Fire dengan skala yang lebih besar. Rencananya, Job Fire akan diselenggarakan pada acara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Lombok Tengah. Dengan melibatkan seluruh perusahaan di Nusa Tenggara Barat (NTB) yang bergerak di berbagai sektor, acara  tersebut akan menawarkan ribuan lowongan pekerjaan. “Jadwalnya masih dibahas dengan Disnakertrasn NTB. Bagi masyarakat yang berminat mencari pekerjaan, kami harap segera mempersiapkan diri ,” terangnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan, melalui pendekatan yang dilakukan selama ini, pihak perusahaan dan pemerintah sudah memiliki komitmen yang sama dalam menciptakan lapangan pekerjaan.  Terlebih dengan geliat pembangunan di Lombok Tengah saat ini, akan berdampak positif terhadap ketersediaan lapangan pekerjaan. Di sektor pariwisata misalnya, pembangunan hotel dan restaurant tentu akan menyerap dan membutuhkan banyak pekerja. 

Namun persoalannya adalah Sumber Daya Manusia (SDM) yang masih minim. Disamping itu, SDM yang ada seringkali tidak sesuai dengan kebutuhan perusahaan.
Untuk itu, pihaknya mengimbau masyarakat untuk terus mengasah kemampuan dan keterampilan. Begitu juga dengan lembaga pendidikan, khususnya SMA/SMK diharapkan membuka jurusan sesuai dengan perkembangan zaman kebutuhan perusahaan. “ Untuk mengetahui lowongan kerja yang dibutuhkan, penting bagi sekolah untuk menjalin kemitraan dengan perusahaan,” pesannya.

Agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, bagi masyarakat yang ingin mencari lowongan pekerjaan baik di Lombok Tengah, luar daerah maupun luar negeri, diharapkan berkoordinasi dengan Disnakertrans untuk difasilitasi. Selain mempercepat proses rekrutmen, hal itu juga bertujuan memberikan kejelasan maupun jaminan  atas pekerjaan yang akan digeluti. “Kalau proses rekrutmennya melalui dinas, insya Allah tidak ada masalah. Jadi sebagai lembaga resmi pememrintah, kami siap memfasilitasi masyarakat yang ingin memperoleh pekerjaan,” pungkasnya.
|wis

Subscribe to receive free email updates: