PFAM Lombok Tengah Raih Top BUMD Award 2023



Jakarta, 5 April 2023 – Perumda Air Minum Tirta Ardhia Rinjani atau PDAM TIARA dalam acara puncak penghargaan TOP BUMD Awards 2023 menerima penghargaan TOP BUMD Awards 2023 # Perumda Air Minum - Bintang 4, diikuti TOP CEO BUMD 2023 yang diberikan kepada Direktur Utama Bambang Supratomo, dan TOP Pembina BUMD 2023 untuk Bupati Lombok Tengah H. Lalu Pathul Bahri, di Ballroom Hotel Raffles Kuningan - Jakarta.

Penghargaan Top BUMD Awards 2023 diberikan kepada PDAM TIARA sebagai pembuktian atas capaian kinerja yang telah dilakukan, dan inovasi guna meningkatkan layanan kepada pelanggan, serta dibarengi dengan prestasi di bidang human capital.


Acara yang berlangsung meriah di Jakarta, sebab dihadiri sekitar 800 orang, salah satunya petinggi BUMD ini pada gilirannya lebih mematangkan kinerja sumber daya manusia PDAM TIARA dalam rangka meningkatkan profesionalisme dan integritas guna mencapai visi dan misi.


Manajemen mengucapkan rasa terima kasih yang setinggi-tingginya kepada Pemda Lombok Tengah, Kepada Bidang dan Cabang serta Karyawan-Karyawati PDAM Lombok Tengah. Dan berharap penghargaan ini menjadi motivasi untuk lebih memacu diri untuk mencapai perbaikan-perbaikan di kemudian hari. “Atas nama manajemen, saya mengucapkan terima kasih atas apresiasi ini,” kata Direktur Utama Bambang Supratomo.


Bambang juga menambahkan bahwa BUMD AWARD tidak sekedar kompetisi namun lebih ke ajang pembinaan untuk BUMD. 


"BUMD AWARD ini tidak sekedar penghargaan saja namun melalui proses yang panjang termasuk persentasi dihadapan dewan juri dan kami banyak mendapatkan masukan dari dewan juri untuk terus melakukan inovasi dan improvmen pada manajemen Perumda Tiara Lombok Tengah sehingga mampu bertahan disituasi ekonomi yang tidak menentu ini." 


Masih kata Bambang, "Capaian yang kami dapatkan saat ini merupakan pencapaian bersama keluarga besar Perumdam Tiara Lombok Tengah, alhamdulillah penghargaan Bintang 4 (Predikat Baik) artinya selangkah lagi Perumdam Tiara mampu menjadi yang terbaik, ini merupakan capaian bersama dari soliditas antara Bupati selaku KPM yang selalu memberikan pembinaan, kepada Direksi dan Kepala Bidang serta kepala Cabang yang selalu kompak dilapangan, demi pelayanan lebih baik." Imbuhnya. 


Wakil Ketua PD Perpamsi NTB itu berharap agar dengan penghargaan tersebut akan menjadi motivasi untuk menjadi lebih baik lagi. 


"Penghargaan yang didapatkan 

Ini tentu saja saat ini masih banyak kekurangan yang harus diperbaiki terutama aspek teknis yang membutuhkan investasi yang besar untuk melakukan optimalisasi sistem produksi distribusi sehingga keluhan akan air yang macet bisa selesai. Bagi pelanggan yang merasa pelayanan kami belum maksimal mohon kerjasamanya untuk melaporkan melalui sistem Call Center yang telah kami buat sehingga pengaduannya terpantau sampai selesai". Tutup Bambang.


Di kesempatan yang sama, Ketua Penyelenggara Top BUMD Awards 2023, M. Lutfi Handayani, MM., MBA., mengatakan bahwa tema yang diangkat tahun 2023 ini adalah ‘Inovasi dalam membangun Kinerja Bisnis dan Layanan BUMD’. 


Inovasi sangat penting bagi BUMD. Sebab, jika inovasi ditularkan, tentu mendorong BUMD lain untuk terus tumbuh. BUMD adalah aset milik pemda (pemerintah daerah). Dan bila semua terus inovatif-maju, tentu BUMD bukanlah sekadar aset daerah.


 “Tetapi juga menjadi aset bangsa Indonesia. Sebab mereka mendukung pembangunan merata untuk Indonesia yang maju. Dengan demikian, permasalahan seperti kemiskinan dan lain-lain, lebih mudah diselesaikan karena peranan BUMD,” papar Lutfi.


Lutfi menambahkan bahwa kegiatan TOP BUMD Awards, diselenggarakan untuk mendukung pelaksanaan UU No. 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, yang didalamnya mengatur mengenai maksud dan tujuan didirikannya BUMD, dan Peraturan Pemerintah (PP) No. 54 Tahun 2017 tentang BUMD, yang di dalamnya mengatur tentang tata cara pengelolaan BUMD. 


Sementara itu, Dr. Drs. Agus Fatoni, MSi, Dirjen Bina Keuangan Daerah – Kementerian Dalam Negeri, menegaskan tentang pentingnya BUMD yang melayani publik. Hal yang perlu dilakukan adalah Pertama, mengembangkan aktivitas bisnis untuk meningkatkan pendapatan dan memperkuat sektor riil. Kedua, meningkatkan dan fokus pada produk-produk unggulan BUMD  yang menjadi kekuatan daerah. Ketiga, mendorong perekonomian daerah agar mempermudah akses usaha seluas-luasnya terutama pada  pelaku usaha UMKM, Ultra Mikro dan usaha kecil lainnya.

Kemudian yang keempat, BUMD perlu memiliki produk unggulan yang dikenal dan dipergunakan luas oleh  masyarakat. Kelima, memperluas jaringan distribusi, dan terakhir yang keenam, memaksimalkan peran BUMD sebagai saluran pelayanan publik dan penggerak perekonomian di daerah serta penyumbang PAD.


*

Subscribe to receive free email updates: