Pleno KPU Dogiyai Tetapkan Yakobus Dumupa-Oskar Makai Memperoleh Suara Terbanyak

 Rapat Pleno rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara dan penetapan hasil perolehan suara Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Dogiyai  tahun 2017, di Aula kantor  Pemda Dogiyai, (Foto: Yan G/KM)
Dogiyai KM-- Rapat Pleno rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara dan penetapan hasil perolehan suara Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Dogiyai tahun 2017, di Aula  Pemda Dogiyai  yang berlokasi di Jalan Trans Nabire-Dogiyai KM 200 di Moanemani pada Rabu (22/2/2017).Tetapkan Paslon  Yakobus Dumupa – Oskar Makai  memperoleh suara terbanyak

Rapat Pleno ini dipimpin Ketua KPUD Dogiyai, Moses Magai,S.Ip dan dihadiri semua komisioner KPUD  Dogiyai, Ketua Panwaslu Agustinus Tigi  beserta Pimpinan, Anggota Bawaslu Propinsi Papua, PPD dan PPS se-Kab. Dogiyai  dan para saksi dari perwakilan ke-4 Paslon yang hadir hanya Nomor urut 1 (satu) dan Ke-3 Paslon dan saksi tidak hadir pada saat pleno terbuka perolehan suara.

Kegiatan diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya yang diikuti seluruh hadirin dan dilanjutkan penyampaian kata sambutan dan pembukaan oleh Ketua KPUD Dogiyai Moses Magai,S.Ip.

Usai acara pembukaan dilanjutkan dengan kegiatan rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara yang dipimpin Ketua KPU Dogiyai dan Penyelenggara yang juga komisioner KPUD.

Mengawali kegiatan ini,  membacakan tata tertib pelaksanaan rekapitulasi dan dilanjutkan pembacaan hasil penghitungan perolehan suara tingkat 10 Distrik secara bergiliran oleh masing-masing PPD.

Hingga menjelang waktu istirahat  dan makan siang, rekapitulasi telah menyelesaikan 5 PPD dari 10 Distrik yang ada.

Pada pukul 13.30 wib kegiatan rekapitulasi penghitungan suara kembali dilanjutkan untuk 5 PPD lainnya, dan pada pukul 15.00 wib seluruh rekapitulasi dari 10  PPD se-kab.Dogiyai selesai dilaksanakan dengan hasil perolehan suara sebagai berikut :

  1. Paslon Nomor Urut 1.Yakobus Dumupa,S.Ip  dan  Oskar Makai,SH memperoleh  46.034 suara.
  2. Paslon Nomor Urut 2 .Drs.Anthon Iyowau  dan Yanuarius Tigi  memperoleh 19.286 suara.
  3. Paslon Nomor Urut 3.Franscesco Tebai,SH dan Bendiktus Kotouki memperoleh 24.509  suara.
  4. Paslon Nomor Urut 4. Markus Waine  dan  Angkian Goo,S.Pi  memperoleh 36.888 suara. 
Ketua KPUD Dogiyai kemudian menetapkan hasil akhir perolehan suara ini secara resmi pada pukul 15.04 wib.

Mengakhiri kegiatan Rapat Pleno ini, Ketua KPUD Dogiyai  menyampaikan ucapan terimakasih kepada Pj. Bupati atas dukungannya hingga terselenggaranya kegiatan ini dengan lancar.

Ketua KPUD Dogiyai juga mengapresiasi pihak Keamanan dari Jajaran Polres Nabire  dibawah Pimpinan Kapolres  Nabire AKBP  Semmy Ronny Tabaa dan juga Jajaran TNI dari Kodim  serta Satpol PP Dogiyai yang telah bekerja maksimal untuk mengamankan semua tahapan Pilkada Dogiyai ini sehingga terlaksana dengan aman dan lancar.

Ucapan terimakasih juga disampaikan kepada semua elemen masyarakat dan seluruh warga masyarakat Kab. Dogiyai  yang telah mendukung terwujudnya Pilkada Kab. Dogiyai  yang aman dan damai, serta media pers yang telah memberikan kesejukan di masyarakat melalui pemberitaan yang edukatif.

Acara ditutup tepat pada pukul 15.13 wib, dan semua rangkaian acara berlangsung dengan aman, tertib dan lancar.

Setelah pleno perolehan suara Mantan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kab.Nabire, Drs. Paulus Bobi mengatakan bersyukur karena seorang vocal penulis Buku yang terpilih menjadi bupati Dogiyai untuk perubahan  sesuai Visi dan Misi “ Dogiyai Bahagia” untuk perubahan pembangunan 5 (lima) tahun mendatang di Dogiyai dan Sebelum tahapan pilkada Dogiyai banyak intelektual mengatakan kami tidak mengenal nomor urut satu tetapi Tuhan dan Alam Dogiyai menetujuhui cocok pemimpin dogiyai akhir terpilih bupati Dogiyai,"tutur kata Bobi.

Liputor : Yan Yuaiya Goo
Editor: Andy-Go/KM

Subscribe to receive free email updates: